Cara Mengucapkan Kalimat Perkenalan 'Perkenalkan Nama Saya' dalam Bahasa Jepang

Di Jepang memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum diminta merupakan suatu bentuk penghormatan seseorang pada orang lain di suatu lingkungan, misal lingkungan sekolah, lingkungan kerja, maupun lingkungan tenpat tinggal baru. Jika Anda bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya di Jepang, jangan heran jika Anda akan sering diminta untuk memperkenalkan diri.

Di Jepang, jika Anda sudah berhasil memperkenalkan diri maka Anda sudah berhasil untuk membangun sepertiga bagian keakraban denga orang sekitar, sisanya hanya tinggal membawa pembicaraan pada topik yang menarik dan menutup pembicaraan dengan ucapan salam yang baik. Hampir sama seperti pada bahasa Inggris, di Bahasa Jepang juga ada semacam aturan baku cara untuk memperkenalkan diri. Berikut adalah cara memperkenalkan diri yang umum dilakukan di Jepang.

Ketika Anda bertemu dengan orang baru di suatu lingkungan , maka Anda wajib memperkenalkan diri dengan mengucapkan kalimat berikut :

Hajimemashite (初 め ま し て) artinya “Senang bertemu dengan Anda”

Lalu, sebutkan nama Anda dengan kalimat :
Watashi wa ___ (sebutkan nama Anda) desu (私 は ___ で す) yang artinya “ Nama Saya ___ (nama)”
Atau bisa juga menggunakan,
Watashi no Namae wa ___ (sebutkan nama Anda) desu (私 の 名 前 は ___ で す) yang artinya “Nama saya ___ (nama Anda)”.
Dan bisa juga menggunakan kalimat ini,
___ (sebutkan nama Anda) desu ( ___ で す) yang artinya “Saya ___ (nama Anda).

Namun kalimat ini hanya digunakan untuk memperkenalkan diri di suasana santai, semisal memperkenalkan diri ada kerabat yang lebih muda usianya atau pada adik kelas di sekolah.

Setalah mengucapkan nama, Anda disarankan untuk mengakhirinya dengan kalimat berikut,
Yoroshiku onegaishimasu (よ ろ し く お 願 い し ま す) yang artinya “Mohon bimbingan dan arahannya”

Jadi, ketika Anda bertemu dengan orang baru, rangkaian kalimat yang harus Anda ucapakan adalah : Hajimemashite.

Watashi wa ____ (nama Anda) desu. Yoroshiku onegaishimasu. (初 め ま し て. 私 は____ で す. よ ろ し く お 願 い し ま す).

Kalimat tersebut jika diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti “Senang bertemu dengan Anda, Nama Saya ___ . Mohon Bimbingan dan arahannya”.

Anda mungkin akan sedikit bingung tentang apa arti kari kata “desu” sebenarnya. Akhiran “desu” pada nama seseorang mengidentikkan kepemilikan dan bahwa nama tersebut merupakan nama orang. Berbeda lagi jika Anda memperkenalkan nama hewan peliharaan Anda misalnya, kata “desu” tidak akan digunakan.
Share on Google Plus

0 tanggapan: