Cara Mengucapkan 'Selamat Pagi' dalam Bahasa Jepang

Orang Jepang menyapa dan menyampaikan salam antara satu sama lain dalam berbagai cara berbeda. Beberapa salam diucapkan sesuai dengan waktu, pengucapan salam juga berbeda tergantung pada hubungan keakraban antar keduanya baik pihak pengucap salam, maupun yang menjawabnya.

Misalnya saja, Anda boleh menyapa rekan yang akrab dengan Anda hanya dengan mengucapkan kata Ohayou 「おはよう」 yang berarti “selamat pagi”. Pengucapan ini sifatnya kasual, dan tidak boleh digunakan ketika Anda sedang menyapa atasan Anda atau orang yang lebih tua. Sedangkan untuk penggunaan yang lebih sopan anda dapat menambahkan kata gozaimasu 「ございます」 di bagian belakangnya, sehingga menjadi Ohayou gozaimasu 「おはようございます」 yang juga memeiliki arti “selamat pagi”. Penggunaan sapaan ini dinilai lebih cocok juga untuk digunakan pada situasi formal.

Jika Anda menginginkan sapaan yang memiliki arti lebih standar, Anda dapat mengucapkan kata konnichiwa 「こんにちは」 yang memiliki arti sapaan “halo”. Ucapan ini dinilai lebih praktis karena dapat digunakan pada siapa saja tanpa memandang status social dan usia. Jika nAnda sedang bertelepon-ria Anda dapat menggunakan kata moshi moshi 「もしもし」 yang juga berarti “halo”. Kata ini dinilai lebih cocok untuk diucapkan pada percakapan di telepon ketimbang menggunakan kata konnichiwa. Ucapan Ohayo gozaimasu (kanji : お早うございます, hiragana : おはようございます」 sendiri memang dikhususkan penggunaannya pada pagi hari di Jepang , tepatnya saat sebelum jam makan siang tiba.

Aada juga frasa khusus yang digunakan oleh para teman laki-laki atau kerabat laki-laki yang akrab untuk saling menyapa. Frasa ini diucapkan sebagai Ossu 「おっす」. Cara pengucapannya adalah seperti dengan menyamarkan huruf “U” menjadi “oss”. Panggilan ini memiliki makna seperti “hai, teman” atau “hai, bro” dalam bahasa Indonesia. Penggunaannya bersifat informal dan hanya diucapkan untuk teman sebaya atau teman yang sudah akrab.Khusus di Osaka, Anda juga akan menemukan ucapan berbunyi yaho 「ヤーホー」 yang menjadi sapaan antara teman-teman di Osaka. Ucapan ini juga bermakna “Halo” dalam bahasa Indonesia.

Lain lagi jika Anda ingin menyapa seseorang yang Anda Anda kenal namun lama tidak terlihat . Anda dapat mengucapkan hisashiburi 「ひさしぶり」, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih memiliki arti “hai, lama tidak berjumpa”. Jika ingin terlihat lebih normal, Anda dapat menambahkan imbuhan desu ne di akhir frasa agar terdengar lebih formal menjadi o hisashiburi desu ne 「おひさしぶりですね」.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: