Nama-nama Bunga sesuai musimnya dalam Bahasa Jepang

Musim Bunga merupakan salah satu even paling ditunggu di Jepang. Di Jepang, Musim bunga ibarat penanda berlalunya suatu masa. Melihat-lihat bunga yang sedang bermekaran menjadi suatu aktivitas bahkan dirayakan sebagai suatu festival tahunan di Jepang. Di Jepang sendiri berbagai spesies bunga memang sengaja ditanam dan dibudidayakan pada lahan yang sangat luas. Dalam bahasa Jepang, kata “Bunga” diucapkan sebagai Hana (は な). Di Jepang, ada beberapa jenis bunga yang terkenal bermekaran di musimnya masing-masing, beberapa diantaranya adalah :

1. Bunga Sakura (さ く ら) Bunga Sakura adalah jenis bunga yang sangat populer di Jepang, bahkan seluruh dunia juga mengidentikkan bunga Sakura dengan Jepang. Bunga Sakura yang musimnya dinamakan dengan Cherry blossom ini merupakan bunga dari Pohon Cherry yang bermekaran pada akhir bulan Maret hingga pertengahan bulan April di Tokyo.
2. Bunga Plum yang dalam bahasa Jepang disebut ume (う め) Bunga plum merupakan bunga yang sangat populer di internal masyarakat Jepang. Secara tradisional, ume justru lebih populer dibandingkan bunga Sakura. Pohon Plum biasanya mekar di awal musim semi yaitu di pertengahan bulan Februari hingga bulan maret di kota Tokyo, mengawali mekarnya pohon ceri. Warna bunganya awalnya putih yang kemudian perlahan-lahan berubah menjadi merah jambu.

3. Bunga Hydrangea di Jepang disebut Ajisai (katakana :ア ジ サ イ, hiragana : あ じ さ い, kanji : 紫陽 花). Ajisai bermekaran di pertengahan bulan Juni hingga pertengahan Juli setiap tahunnya. Bunga ini banyak tumbuh di kota Kamakura dan Hakone.

4. Bunga Matahari dalam bahasa Jepang dinamakan himawari (katakana : ヒ マ ワ リ, hiragana : ひ ま わ り). Bunga matahari mulai bermekaran pada awal Juli hingga awal bulan Agustus di kota Hokkaido, Jepang.

5. Bunga Mawar di Jepang disebut sebagai bara(katakana : バ ラ, hiragana : ば ら, kanji: 薔薇). Bunga mawar di Jepang mulai mekar pada bulan Mei dan akan terlihat di sepanjang kota Tokyo.

6. Bunga Dandelion dalam bahasa Jepang disebut Tanpopo (katakana : タ ン ポ ポ, hiragana : た ん ぽ ぽ).

7. Bunga Violet dalam bahasa Jepang disebut Sumire (katakana : ス ミ レ, hiragana: す み れ, kanji : 菫)

8. Bunga Lily dalam bahasa Jepang dinamakan Yuri (katakana : ユ リ, hiragana : ゆ り, kanji : 百合).

9. Bunga Tulip disebut chuーrippu dalam bahasa Jepang (チューリップ).Bunga ini bermekaran di Tonami dan Toyama pada akhir April hingga awal bulan Mei.

10. Bunga Wisteria di Jepang disebut Fuji (kanji : 藤, katakana/hiragana :富士). Bunga ini memasuki masa panennya pada akhir bulan Akhir April hingga awal bulan Mei di Tokyo.

11. Bunga Iris dalam bahasa Jepang disebut Hanashobu (hiragana : はなしょぶ , katakana : ハナショブ ). Bunga ini bermekaran di seantero kota Tokyo pada bulan Juni setiap tahunnya.
Share on Google Plus

0 tanggapan: