Panduan dan Contoh Kalimat Perkenalan dalam Bahasa Jepang

Ketika Anda baru saja bertemu dengan seseorang yang berbicara Jepang, dan ingin menunjukkan rasa hormat Anda kepadanya maka Anda dapat memulainya dengan meperkenalkan diri sebagai formalitas. Perkenalan diri juga digunakan sebagai pengawal pembicaraan antara 2 orang yang belum saling mengenal di lingkungan kerja, lingkungan sekolah, tetangga di lingkungan tempat tinggal.

Berikut ini adalah panduan beserta contoh kalimat perkenalan yang lazim digunakan di Jepang,

1. Pilihlah ucapan sapaan yang berorientasi pada waktu.
Di Jepang, ada 3 cara untuk mengucapkan “halo” yaitu “ohayou” (おはよう ), “konnichiwa” (こんにちわ), dan “Konbanwa” (こんばんわ ). Kata “Ohayou” berarti "Selamat pagi" lazimnya digunakan di saat sebelum tengah hari (di bawah jam 12 siang). Untuk membuatnya terdengar lebih sopan, Anda dapat mengatakan “Ohayou gozaimasu” (おはよう ございます ). Berbeda lagi denga “Konnichiwa” yang memiliki arti "selamat siang" dan bisa juga digunakan untuk ucapan “Halo” secara umum. Ucapan “Konnichiwa” biasanya digunakan antara pukul 12 siang hingga pukul 17 sore. Sedangkan “Konbanwa” memiliki arti "Selamat malam," dan digunakan setelah pukul 17 sore (menjelang petang) hingga tengah malam. Jika Anda sering dibingungkan oleh permasalahan waktu , maka Anda dapat mengucapkan “aisatsu” yang berarti “salam”.

2. Perkenalkan diri Anda.
Cara yang paling umum dan sederhana untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang adalah dengan mengucapkan kalimat "Watashi no Namae wa ___ desu" (わたし の なまえ は ___ です)yang berarti "Nama saya ___".

3. Lontarkan pertanyaan yang sopan untuk memecah keheningan.
Hampir sama dengan di Indonesia, di Jepang seseorang juga biasa menanyakan kabar untuk sekedar mencairkan suasana. Pertanyaan seperti "Ogenki desu ka?" (おげんき です か ) yang berarti "Bagaimana kabarmu?" sebenarnya lebih menekankan pada perhatian terhadap kondisi kesehatan seseorang. Jika Anda mengatakan "Ogenki desu ka" pada seseorang, maka sebagian besar dari mereka akan menjawab "Genki desu" (げんき です) yang berarti “Saya baik-baik saja” atau "Maamaa desu" (まあまあ です ) yang memiliki arti "Saya masih tetap begini-begini saja". 

Kemungkinan besar, Mereka akan balik menanyai Anda dengan kalimat pertanyaan "Anata wa?" (あなた は ) yang berarti "Dan kau sendiri bagaimana?".

Ketika mendapat pertanyaan tersebut Anda bisa meresponnya dengan mengucapkan "Genki desu, arigatou" (げんき です, ありがとう) atau “Genki desu, okagesama de” (げんき です, おかげさま で) yang memiliki arti sama yaitu "Aku baik-baik saja, terima kasih." Namun, jika Anda tidak sedang ingin membicarakannya, maka Anda bisa membelokkan pembicaraan dengan respon yang dirasa masih sopan seperti "Otenki wa ii desu ne?" (おてんき は いい です ね ) yang artinya " Cuacanya sedang bagus (cerah), bukan?"
Share on Google Plus

0 tanggapan: