10 Cerita Rakyat Populer yang diceritakan dalam Bahasa Jepang

Istilah Monogatari (物語) dalam bahasa Jepang diartikan sebagai legenda, kisah atau cerita rakyat. Di Jepang cerita rakyat dan legenda tumbuh subur menemani pertumbuhan anak-anak di negeri sakura tersebut. Tak berbeda jauh dengan cerita rakyat di Indonesia, mayoritas cerita rakyat yang berkembang di Jepang mengajarkan unsur-unsur moral pada anak-anak melalui jalan ceritanya yang menarik. Berikut kami sajikan 10 cerita rakyat yang terkenal dari Jepang,


1. Momotaro (も も た ろ)
Berkisah tentang seorang anak muda yang lahir dari buah Persik. Dalam kisahnya, anak ini berjuang untuk menyelamatkan desanya.

2. Mr. Ikkyu / Ikkyu San (一 休)
Sebuah kisah petualangan seorang anak muda yang ingin menjadi seorang biksu Buddha.

3. Kasajizo (か さ じ ぞ う)
Cerita tentang pasangan tua miskin dan batu ajaib, patung wali (Jizo).

4. Hanasakajisan (は な さ か じ い さ ん)
Bercerita tentang pria tua dan anjingnya. Cerita ini kedengarannya memang pasaran, namun percayalah jalan cerita yang disuguhkan lumayan menarik.

5. Urashimataro (う ら し ま た ろ う)
Berkisah tentang seorang nelayan yang menyelamatkan kura-kura. Kura-kura tersebut kemudian menunjukkan keindahan sebuah kerajaan bawah air pada sang nelayan sebagai balas terimakasih.

6. Shitakirisuzume (し た き り す ず め)
Kisah tentang orang tua yang menyelamatkan kehidupan burung gereja.

7. Issunboshi (い っ す ん ぼ ぼ う し)
Bercerita tentang seorang anak yang berukuran sangat kecil (kira-kira setinggi 3 cm) yang dibesarkan oleh pasangan yang penuh kasih saying. Anak laki-laki ini kemudian melanjutkan hidupnya dengan mencari jati dirinya sebagai seorang samurai.

8. Kaguyahime (か ぐ や ひ め)
Bercerita tentang seorang pemotong bambu yang menemukan seorang gadis muda di dalam tangkai bambu.

9. Tsuru tidak ongaeshi (つ る の お ん が え し)
Bercerita tentang seorang pemuda yang menyelamatkan derek.

10. Kobutorijisan (こ ぶ と り じ い さ ん)
Bercerita tengtang kisah dua orang tua yang memiliki bongkahan batu. Cerita ini memiliki ending yang sangat tidak terprediksi. Sangat berbeda dengan kebanyakan cerita rakyat lainnya. Cerita ini mengajarkan banyak nilai-nilai moral pada anak-anak dan sangat menarik.
Share on Google Plus

0 tanggapan: