Cara Download E-Book Gratis Bahasa Jepang secara Legal

Membaca adalah salah satu unsur penting dalam pembelajaran bahasa asing. Semakin sering kita belajar mebaca, maka akan semakin cepat kita memahami arti dari suatu kata dalam bahasa tersebut yang pada akhirnya kan membuat kita lancar berbahasa serta dapat mengucapkan huruh, angka, dan kata secara benar.
Seperti halnya Situs Project Gutenberg dan Google Books yang menyediakan bahan bacaan berbahasa Inggris, kita juga bisa mendapatkan bahan bacaan berbahasa Jepang secara legal dari situs Aozora Bunko. Di situs ini, Anda bebas mengunduh e-book berbahasa Jepang yang sudah habis masa hak cipta-nya serta beberapa buku yang masih terhitung baru untuk penggunaan pribadi yang bersifat non-komersil.

Beberapa format buku yang dapat diunduh antara lain adalah format seperti file teks (dengan teks ruby/furigana), expanded book (.ebk), dan XHTML (.html). Anda juga bisa menggunakan situs Aozora Kindle (Beta) untuk mengkonversi file-file dari situs Aozora Bunko ke dalam format PDF yang sesuai, sehingga bisa dibaca kapanpun dan dimanapun melalui eBook reader Kindle ataupun melalui reader lain dari gadget Anda.

Dua situs tersebut baik Aozora Bunko maupun Aozora Kindle sama-sama berbahasa Jepang karena file-file e-book di situs tersebut kesemuanya berbahasa Jepang. Dibutuhkan kemampuan dasar untuk membaca huruf kanji secara umum untuk mengoperasikannya. Namun bagi Anda yang sama sekali tidak memahami huruf kanji namun ingin mengunduh, berikut kami pandu langkah-langkahnya:

1. Silahkan buka situs “Aozora Bunko”, di http://www.aozora.gr.jp/ . Klik salah satu huruf hiragana untuk menampilkan daftar buku berdasarkan judulnya (di baris 作品別),


Lalu, klik salah satu huruf hiragana untuk menampilkan daftar buku yang diawali dengan huruf tersebut

2. Pilih buku yang ingin Anda unduh, lalu klik judul buku tersebut untuk membuka halaman bukunya


3. Kemudian, copy link file unduhan yang versi dengan ruby ( ada kata “ruby” di nama filenya) dan klik kanan untuk copy link.


4. Klik kanan lagi, Paste-kan ke kotak isian di situs Aozora Kindle.


5. Terakhir, tentukan ukuran huruf di file output dan klik tombol PDF化, lalu proses download Anda akan segera dimulai.

Dalam proses unduh ini, terkadang Anda tidak mendapatkan link dengan versi dengan ruby. Jika hal ini terjadi, Anda masih bisa menggunakan link lain untuk mendapatkan file PDF untuk ebook reader yang sesuai, namun tanpa furigana.

Bila file PDF yang akan digunakan pada layar berukuran cukup besar seperti monitor PC, laptop, layar tablet PC, atau kindle DX, Anda dapat mengatur ukuran huruf ke ukuran kecil (小) supaya file dapat dilihat secar penuh. Sedangkan jika menggunakan layar yang kecil seperti layar smartphone, Anda dapat mengatur huruf ke ukuran yang besar (大) untuk mempermudah membacanya.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: