Cara Mengucapkan 'Selamat Siang' dalam Bahasa Jepang

Mengucapkan salam adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan di Jepang. Orang Jepang menyebutkan salam berdasarkan waktu, pola pembagiannya hampir sama dengan mengucapkan salam dalah bahasa Inggris. Misalnya, jika pada pagi hari kita mengucapkan salam “good morning” dalam bahasa Inggris, maka dalam bahasa Jepang kita mengucapkan “Ohayou gozaimasu” (お は よ う ご ざ い ま す) atau “Ohayou” saja yang berarti “selamat pagi”.


Memasuki waktu petang,berbeda lagi hal yang kita ucapkan, jika dalam bahasa Inggris kita mengenal istilah ucapan “good evening”maka dalam bahasa Jepang frasa ini disebutkan dengan "Konbanwa!" (こ ん ば ん は). Salam ini kita ucapkan hingga malam hari sebelum menjelang tidur. Menjelang tidur, orang-orang mengucapkan “good night” sedangkan dalam bahasa Jepang diucapkan kata “Oyasuminasai” (お や す み な さ い) yang dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah “Selamat malam, selamat beristirahat”. Lalu, apa sebutan salam untuk menyatakan “Selamat siang” dalam Bahasa Jepang ? Jawabannya adalah ucapkan “Konnichiwa!” (こ ん に ち は) .

Kata “Konnichiwa!” (こ ん に ち は) sendiri sebenarnya bukan hanya berarti “Selamat Siang”, namun juga berarti “Halo” karena penggunaannya lebih bebas daripada ucapan salam lainnya. Mengucapkan kata “Konnichiwa!” (こ ん に ち は) pada pagi, siang, sore, atau malam hari adalah sah-sah saja, namun sebaiknya memang lebih memperhatikan orientasi waktu saat salam itu diucapkan. Kata “Konnichiwa!” (こ ん に ち は) sebenarnya tepat diucapkan setelah memasuki pukul 12.00 siang hingga petang, selanjutnya dapat menggunakan kata "Konbanwa!" (こ ん ば ん は) sepanjang petang hingga malam sebelum tidur. Saat memasuki waktu tidur silakan ucapkan frasa kata “Oyasuminasai” (お や す み な さ い), lalu setelah Anda bangun tidur hingga jam 12.00 siang ucapkan kata “Ohayou gozaimasu” (お は よ う ご ざ い ま す).

Ada beberapa aturan tersirat saat Anda ingin mengucapkan “Konnichiwa!” (こ ん に ち は) pada orang di sekitar Anda. Bebagian besar aturan ini mencakup kepada siapa kita boleh mengatakannya, tujuan pengucapannya, dan beberapa hal lainnya. Aturan pertama, Anda boleh menggunakan ucapan ini pada siapa saja, tanpa memandang status sosial mereka. Pengucapan kata “Konnichiwa!” (こ ん に ち は) dapat juga berarti “siang yang cerah”.
Share on Google Plus

0 tanggapan: