Cara mengucapkan 'Selamat Sore' dalam Bahasa Jepang

Ketika bepergian di Jepang, jangan heran jika Anda akan bertemu dengan orang-orang yang begitu sering mengucapkan salam. Begitu juga dengan Anda sendiri, Anda juga dituntut untuk selalu mengucapkan salam pada setiap orang yang akan Anda temui atau Anda ajak bicara. Pengucapan frase salam di Jepang sangat erat kaitannya dengan waktu.

Di Jepang, pengucapan salam sangat penting untuk memulai pembicaraan. Jika Anda lupa mengucapkan salam, maka Anda akan dianggap tidak sopan dan membuat orang lain malas untuk menanggapi pembicaraan Anda selanjutnya.

Jika Anda lupa harus mengucapkan apa saat bertemu dengan orang lain, maka cara paling mudah adalah dengan mengucapkan “Konnichiwa” (こ ん に ち は). Konnichiwa dapat berarti selamat siang dalam arti sempit. Dalam arti luasnya bisa berarti “hai”. Jika merujuk pada waktu ada 3 cara untuk mengucapkan salam, diantaranya "Ohayo gozaimasu" (おはよ ございます), "Konnichiwa" (こ ん に ち は)., dan "Konbanwa" (こんばんわ).


Kali ini kita akan berfokus pada cara mengucapakan “selamat sore”. Pembagian waktu di Jepang kurang lebih sama dengan di Inggris. Jika Anda ingin menyatakan Selamat pagi dalam bahasa Indonesia, itu artinya berarti “good morning” dalam bahasa Inggris dan "Ohayo gozaimasu" (おはよ ございます) dalam bahasa Jepang.

Lanjut pada ucapan “selamat siang”, dalam bahasa Inggris diucapkan sebagai “good afternoon”, sedang dalam bahasa Jepang diucapkan sebagai “Konnichiwa” (こ ん に ち は). Untuk mengucapkan “selamat sore” mungkin akan sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia.

Di Jepang, kata “Konbanwa” (こんばんわ) sebenarnya berarti selamat malam, itu berarti jika ingin mengucapkan selamat sore sepertinya lebih aman menggunakan kata “Konnichiwa”. Kata “Konnichiwa” (こ ん に ち は) sendiri sebenarnya terbentuk dari kata “Konnichi” (こ ん に ち) yang mendapat imbuhan partikel “wa” (は) di belakangnya. Tidak berbeda dengan kata “Konbanwa” (こんばんわ) yang terbentuk dari kata “Konban” (こんばん) yang mendapat partikel “wa” (は) di bagian akhirnya.

Pada pembagian waktu Jepang terdapat aturan tersirat untuk mengucapkan salam baik "Ohayo gozaimasu" (おはよ ございます), "Konnichiwa"(こ ん に ち は), atau "Konbanwa" (こんばんわ) . Aturannya, Ucapan “selamat pagi” atau "ohayou gozaimasu" diucapkan pada pagi hari sebelum pukul 10.30 pagi.
Setelah melewati pukul 10.30 pagi, praktis kalimat salam yang harus diucapkan adalah "Konnichiwa" (こ ん に ち は) yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “selamat siang” atau “selamat sore” karena waktu untuk mengucapkannya lebih panjang, hingga menjelang terbenamnya matahari.
Setelah petang menjelang barulah kata “konbanwa” (こんばんわ) lazim digunakan yang menandai dimulainya periode malam hari.
Share on Google Plus

0 tanggapan: