Cara Mengucapkan 'Selamat Tidur' dalam Bahasa jepang

Ungkapan salam atau sapaan dalam yang dalam bahasa Jepang disebut Aisatsu (あいさつ). Di Jepang, Aisatsu (あいさつ) dianggap sangat penting dalam bersosialisasi dengan orang lain demi menjaga sopan santun. Jika dalam keseharian pada pagi hari, siang hari, dan sore hari orang Jepang masing-masing mengatakan “Ohayou Gozaimasu”(おはよ ございます), “Konnichiwa” (こんにちわ), dan “Konbanwa” (こんばんわ). Maka, sebelum tidurpun orang-orang di Jepang saling mengucapkan “selamat tidur” dalam bahasa mereka sendiri.


Para orang Jepang ini menyebutkan kata “Oyasuminasai” (お休みなさい) sebagai ucapan sebelum tidur. Kata “Oyasuminasai” (お休みなさい) ini sama halnya penggunaannya dengan kata “good night” dalam bahasa Inggris. Versi lebih singkatnya adalah “Oyasumi” (おやすみ). Beda penggunaan dari kedua frasa ini adalah jika frasa “Oyasuminasai” (お休みなさい) lebih pantas untuk diucapkan pada orang yang kita hormati karena mengandung makna yang lebih sopan, sedangkan frasa “Oyasumi” (おやすみ) lebih cocok untuk dikatakan pada anggota keluarga yang lebih muda atau teman akrab karena mengandung makna yang lebih informal. Frasa- frasa ini yaitu “Ohayou Gozaimasu”(おはよ ございます), “Konnichiwa” (こんにちわ), “Konbanwa” (こんばんわ), dan “Oyasuminasai” (お休みなさい) penggunaannya sangat umum di Jepang.

Sebelum Anda tidur, ucapkan kata ini pada teman atau keluarga Anda di malam hari saat Anda pulang dari tempat kerja atau dalam perjalanan menuju ke rumah masing-masing. Ketika Anda mengucapkan kata “Oyasuminasai” (お休みなさい), maka lawan bicara Anda biasanya juga akan menjawab dengan frasa yang sama, “Oyasuminasai” (お休みなさい).

Frasa “Oyasuminasai” (お休みなさい) terbentuk dari 2 kaya, yakni kata "Yasumi" (やすみ) dan "Nasai" (なさい). Kata "Yasumi" (やすみ) merupakan bentuk kata benda dari kata kerja "yasumu" (やすむ) yang berarti “beristirahat”, dengan menambahkan "o" (お) pada bagian awal dimaksudkan untuk menambah kesan agar terdengar lebih sopan. Sedangkan kata dan "Nasai" (なさい) adalah peralihan dari kata kerja "nasaru" (なさる), bentuk sopan dari kata kerja "suru" (する) yang berarti “Melakukan”. “Oyasuminasai” (お休みなさい) juga dapat diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai ungkapan "Tidurlah yang nyenyak".
Share on Google Plus

0 tanggapan: