Kumpulan Kalimat yang berarti 'Aku Sayang Kamu' dalam bahasa Jepang

Frasa yang mengandung ungkapan perasaan adalah salah satu yang paling digemari dalam bahasa apapun. Perasaan yang diungkapkan dapat berusa rasa rindu, cinta, saying, dan sebagainya. Sebelumnya kita pernah mempelajari bahwa orang jepang dikenal sangat hati-hati dalam mengungkapkan perasaannya, terutama jika menyangkut perasaan pribadi antara 2 individu. Ekspresi perasaan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang rasa sayang.


Mengucapkan rasa sayang baik pada keluarga, kerabat, teman, atau lawan jenis dalam bahasa Jepang mungkin akan sedikit berbeda. Ketika menyatakan perasaan sayang pada keluarga, teman, atau kerabat kita akan menggunakan kata yang lebih menggambarkan kepedulian, sedangkan pada kekasih atau teman lawan jenis kita lebih pantas menggunakan ungkapan yang mengarah pada rasa suka atau cinta. Misalnya, ketika kita akanmengutarakan rasa sayang pada lawan jenis dapat menggunakan kata “suki” (好き). Kata ini selain berarti “suka” dapat juga digunakan pada pernyataan ungkapan rasa sayang pada pasangan. Beberapa kalimat yang dapat diucapkan misalnya “Anata ga itooshii” (あなた が いとおしい ) yang artinya “aku sayang kamu”, atau gunakan kalimat “Anata no koto ga daisuki” (あなたのことが大好き) jika ingin terdengar lebih dalam maknanya. Kalimat ini memiliki arti “aku sangat sayang padamu”.

Ketika ingin terus bersama dengan pasangan, maka katakan “hontouni daisuki” (ほんとうに だいすき ) atau “zutto zutto sobani iru yo” (ずっと ずっと そばに いる よ ) yang kira-kira memiliki arti “ aku sangat menyayangimu, aku akan terus berada disampingmu”.Selain kata “suki” (好き), kata “Koi (恋)” juga dapat digunakan untuk menggambarkan perasaan sayang yang mengandung kerinduan pada kekasih. Contoh saja kalimat “Watashi wa anata ni koi wo shiteimasu” (私は君に恋している) yang memiliki makna “aku sayang kamu”.

Kata ketiga yang digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang adalah kata “ai” (あい). Bedanya, kata ini digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang pada obyek yang tidak mengandung romansa, misalnya pada keluarga, teman, sahabat, hewan peliharaan, bumi, dan unsur lainnya. Jika ingin mengungkapkan rasa sayang yang mengandung unsur kepedulian, kalimat “anata onikaketeiru” (あなたを気にかけている) yang berarti “aku peduli padamu” dapat digunakan. Kalimat selanjutnya adalah “anata no koto wo omotteimasu” (あなたのことを思っています) memiliki arti “Aku sedang memikirkanmu”. Jika Anda sedang mengkhawatirkan keadaan seseorang, Anda bisa menggunakan kalimat “anata no koto wo shimpaishiteimasu” (あなたのことを心配しています), kalimat ini memiliki makna “Aku mengkhawatirkan keadaanmu”.
Share on Google Plus

0 tanggapan: