Macam-macam Huruf Jepang beserta Gambarnya - Hiragana, Katakana, Kanji

Dalam bahasa Jepang dikenal 4 Jenis Huruf, yakni Hiragana, Katakana, Kanji, dan Romaji. Dalam penggunaannya di Jepang sendiri, ketiga jenis huruf yang pertama yaitu Hiragan, katakana, dan kanji selalu digabungkan dalam penulisan dan tidak dapat dipisahkan dari penulisankata dalam bahasa Jepang. Sedangkan Romaji merupakan cara penulisan bahasa Jepang menggunakan huruf latin seperti yang kita kenal sehari-hari. 
Berikut keterangan dari masing-masing jenis huruf tersebut,

Hiragana (ひらがな)



Jumlah huruf Hiragana terdiri dari 46 karakter yang masing-masing memiliki bunyi pengucapan yang berbeda. Hiragana merupakan jenis huruf yang pertama kali diajarkan di Jepang saat anak memasuki usia sekolah. Dahulu, jenis huruf ini disebut sebagai “onna de” (女手) yang berarti tulisan wanita karena jenis huruf ini biasanya digunakan oleh kaum wanita di Jepang. Sejak abad ke-10 masehi, huruf ini mulai digunakan secara umum baik oleh pria maupun wanita.

Penggunaan / Fungsi Huruf Hiragana, antara lain :
• Untuk menuliskan imbuhan berupa akhiran dalam sebuah kalimat atau disebut “okurigana” (送り仮名)
• Untuk menjelaskan cara baca dalam huruf kanji yang dirasa kurang jelas, disebut “furigana”.
• Untuk menulis kata keterangan , beberapa kata benda, dan kata sifat.
• Untuk menulis bahan bacaan bagi anak-anak seperti buku teks, animasi, dan komik (manga).

Katakana (カタカナ)


Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa jika Hiragana lebih digunakan oleh wanita di jaman dulu, maka Katakana lebih banyak digunakan oleh pria di Jepang pada masa yang sama. Huruf ini juga biasanya digunakan untuk menuliskan kata serapan, bahasa asing, nama binatang, nama orang asing (non-jepang), nama tumbuhan, dan tempat-tempat di luar wilayah Jepang.

Penggunaan / Fungsi Huruf Katakana, antara lain :
• Digunakan untuk menulis bahasa rahasia (Ingo) dan bahasa slang (Zokugo)
• Digunakan untuk penulisan surat-surat atau buku-buku yang berhubungan dengan instansi, perusahaan, atau pekantoran.
• Digunakan untuk menuliskan kata serapan dan kata asing.

Kanji (漢字)

 Secara harfiah Kanji diartikan sebagai "aksara dari Han dari Cina" , yakni aksara Tionghoa yang digunakan dalam bahasa Jepang. Huruf kanji dulunya juga disebut “mana” (真名) atau “shinji” (真字). Huruf Kanji dikatakan bahwa jumlahnya sangat banyak yaitu lebih dari 50.000 huruf, namun tidak lantas semuanya digunakan dalam bahasa Jepang. Siswa sekolah dasar di Jepang hanya diwajibkan menghapal sebayak 1006 huruf kanji sejak kelas 1 hingga lulus kelas 6 sekolah dasar. Maka jangan heran jika hingga dewasa, orang Jepang masih ada yang belajar menghapal huruf kanji. Penggunaan Huruf Kanji dalam penulisan bahasa Jepang adalah untuk menuliskan kata benda, kata sifat dan kata kerja.

Romaji
Sepertinya tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi tentang romaji, karena tidak berbeda dengan penulisan yang sehari-hari kita baca. Romaji adalah bentuk penulisan latin dari huruf-huruf jepang. Biasanya romaji digunakan oleh para wisatawan atau orang-orang yang berasal dari luar Jepang untuk mempelajari kosakata bahasa Jepang.
Share on Google Plus

0 tanggapan: