Seluk Beluk Negara Jepang Beserta Gambar dan Peta Kota

Negara Jepang boleh jadi memiliki luas wilayah yang kecil, namun andilnya dalam sejarah perkembangan dunia tidak perlu diragukan lagi. Secara teritorial, wilayah Jepang terdiri dari pulau-pulau yang membentang di sepanjang pantai timur Asia, diantaranya beberapa pulau besar seperti Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu, serta tak ketinggalan pulau-pulau kecil yang jumlahnya ribuan di sekelilingnya.

Negara ini beribukota di Tokyo ini, memiliki hamparan dataran yang tidak rata, penuh dengan pegunungan(salah satunya Gunung Fuji dengan ketinggian 12.385 kaki). Wilayah geografis Jepang berada pada lempeng samudera dan terdapat banyak gunung berapi di wilayahnya menjadikan Jepang sangat akrab dengan gempa bumi.


Di Jepang, aliran kepercayaan yang paling banyak dianut oleh mayoritas penduduk adalah Shinto dan Buddha. Menurut legenda, Jepang pertama kali dipimpin oleh Kaisar Jimmu yang masih merupakan keturunan dari dewi Amaterasu (dewi matahari). Kaisar Jimmu diperkirakan menjabat sekitar tahun 600 Sebelum Masehi. Kaisar-kaisar di Jepang selanjutnya merupakan keturunan dari Kaisar pertama.


Perang dunia 1 dan 2 tak bisa dipungkiri telah menjadi bukti dominasi Jepang atas dunia. Pada perang dunia 1, jepang mendulang kesuksesan karena bersekutu dengan pihak pemenang. Namun keserakahan kaisar Hirohito untuk menguasai China dan Asia membawa Jepang pada perang dunia ke-2 justru menghancurkan Jepang. Setelah berperang selama 4 tahun lamanya, Jepang kehilangan penduduk sebanyak 3 juta jiwa akibat serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Setelah Perang Dunia 2 berakhir, Jepang beralih ke sistem pemerintahan demokrasi melalui reformasi. Belajar dari masa lalu, rakyat Jepang membuat suatu ikrar penolakan perang dan kini kaisar hanya bertugas secara seremonial saja, karena kebijakan menyangkut Negara sepenuhnya dijalankan oleh perdana mentri dan kabinet serta parlemen.

Paska perang dunia 2, Jepang tak butuh waktu lama untuk bangkit, terbukti dengan pertumbuhan ekonomi Jepang yang sangat pesat. Jepang kini diklaim memiliki laju perekonomian terbesar kedua di dunia. Masyarakat Jepang modern kini sebagian besar tinggal di kota-kota besar. Total populasi penduduk di Jepang kini lebih dari 127,4 juta jiwa, namun populasi ini nampaknya menurun sedikit demi sedikit dikarenakan pola kehidupan masyarakat Jepang modern yang terfokus pada rutinitas kerja, sehingga mengurangi minat untuk berkeluarga apalagi memiliki anak. Masayarakat Jepang memiliki angka harapan hidup yang cukup tinggi, Laki-laki di Jepang memiliki harapan hidup rata-rata 77 tahun sedangkan perempuan rata-rata hidupnya lebih lalam, yaitu selama 84 tahun.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: