Tokoh Dibalik Komik Jepang Terlaris Sepanjang Masa

Manga alias komik asli Jepang sudah ada seiring dengan pertumbuhan generasi muda Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan telah menjadi semacam legenda hidup. Komik-komik yang sempat tenar seperti Naruto, One Piece, dan Shin Chan pasti sudah familiar dengan kita semua. Namun, pernahkah Anda mengetahui siapa pencipta karakter-karakter tersebut ? Kali ini kita akan mengenal mereka lebih jauh satu persatu,


1. Osamu Tezuka (Astroboy)
Astroboy merupakan manga pertama yang diangkat menjadi sebuah serial kartun. Penulisnya adalah Osamu Tezuka yang sudah dinobatkan menjadi “The God of manga” karena disejajarkan dengan kesuksesan Walt Disney. Cerita Astroboy dinilai sukses menyisipkan pesan moral yang sangat dalam.

2. Akira Toriyama (Dragon Ball)
Mangaka ini dikenal lewat manganya yang menjadi manga tersukses di dunia, Dragon Ball. Sebenarnya inti cerita dari Dragon Ball diadaptasi dari legenda Cina berjudul “Journey To The West”. Akira diakui telah banyak menginspirasi tokoh komik Jepang lainnya, meski Ia juga sempat dikenal sebagai kartunis yang kontroversial karena karya-karyanya yang terkesan vulgar.

3. Naoko Takeuchi (Sailor Moon)
Sailor Moon adalah anime Jepang pertama yang meledak di dunia Barat, bahkan survey yang dilakukan pada situs internet di tahun 2004 menyebutkan bahwa Sailor Moon lebih diminati ketimbang Mickey Mouse meski sempat diterpa isu negative propaganda lesbianisme.

4. Yoshito Usui (Shin Chan)
Komikus ini terkenal berkat karya kontroversialnya, Shin Chan. Gaya ceritanya yang terkesan sedikit kasar, jorok, dan porno menjadi suatu lompatan cerdas bagi Yoshito Usui. Meski begitu Ia tak bisa menikmati kesuksesannya lebih lama karena Ia meninggal pada tahun 2009 lalu saat sedang mendaki gunung.

5. Rumiko Takahashi (Inuyasha)
Rumiko disebut-sebut sebagai komikus wanita tersukses dalam sejarah dunia. Selain Inuyasha, ada komik “Ranma” karyanya yang juga menjadi hits.

6. Aoyama Gosho (Detective Conan)
Jalan cerita yang rumit dan jenius ala Detective Conan sukses mengantarkan Aoyama Gosho pada puncak karirinya. Hingga kini Detective Conan tetep diputar dan menjadi salah satu “long-running” anime di Jepang sepanjang masa.

7. Masashi Kishimoto (Naruto)
Masashi kishimoto terkenal lewat hasil karyanya Naruto yang dianggap sebagai “one of the best selling manga all the time”. Komikus ini ternyata memiliki saudara kembar yang juga berprofesi sebagai komikus. Wow! Komik dan Serial kartun beserta soundtrack Naruto langsung meledak di seluruh dunia.

8. Fujiko Fujio (Doraemon)
Fujiko Fujio adalah pencipta karakter Doraemon yang serialnya sudah menemani kita mulai tahun 1988 di televisi. Banyak yang tidak mengetahui bahwa Fujiko Fujio sebenarnya adalah gabungan dari 2 orang, yaitu Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko.
Share on Google Plus

0 tanggapan: