Ucapan Selamat untuk berbagai Momen dalam Bahasa jepang

Masyarakat Jepang memang sangat suka beramah-tamah. Mereka seringkali mengucapkan salam ataupun memberikan ucapan selamat di berbagai kesempatan. Hal ini tentunya tidak jauh berbeda dengan kebudayaan dari Negara kita sendiri. Masyarakat Jepang memiliki beberapa ucapan selamat yang disebut dengan Shukuji (しゅくじ). Beberapa diantaranya adalah ucapan selamat yang biasa diucapkan pada situasi khusus, misalnya pada saat perayaan hari besar keagamaan, tahun baru, pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya.



Berikut ini adalah beberapa ucapan selamat yang biasa diucapkan dalam bahasa Jepang,

Selamat – “Omedetou Gozaimasu” (おめでとう ございます)
Beberapa orang di Jepang hanya menyebutkan versi pendeknya yaiut “omedetou” (おめでとう) saja. Kata ini dapat diucapkan kapanpun, dan dalam situasi apapun tanpa batasan waktu. Kata ini juga dapat digunakan untuk mengucapkan selamat pada saat merayakan Hari Raya seperti Lebaran Idul Fitri atau Idul Adha di Indonesia.

Selamat Tahun Baru – “Akemashite Omedetou Gozaimasu” (あけまして おめでとう ございます)
Pada saat merayakan malam pergantian tahun, masyarakat di Jepang biasa mengucapkan “Akemashite Omedetou Gozaimasu” (あけまして おめでとう ございます) kepada teman, kerabat, keluarga, orang terkasih, tetangga, atau orang lain yang ditemuinya. Selain frasa ini, orang Jepang juga biasanya mengucapkan versi lainnya yaitu “Shinnen Omedetou Gozaimasu” (しんねん おめでとう ございます). Frasa ini memiliki arti yang sama, hanya pengucapannya saja yang berbeda.

Selamat Ulang Tahun – “Otanjobi Omedetou Gozaimasu” (おたんじょび おめでとう ございます)
Frasa ini diucapkan umtuk memberikan selamat pada seseorang yang sedang berulang tahun.

Selamat Atas Perkawinan – “Gokekkon Omedetou Gozaimasu” (ごけっこん おめでとう ございます)
Frasa ini dapat diucapkan ketika ada teman, saudara, atau kenalan kita yang menikah. Biasanya frasa ini diucapkan besama dengan embel-embel kalimat “Ofutari ga Itsumo Shiawase de aru you oinori itashimasu” (おふたり が いつも しあわせ で ある よう おいのり いたします) yang artinya “Semoga mempelai berdua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia”

Selamat atas kelahiran bayi Anda – “Goshussan Omedetou Gozaimasu” (ごしゅっさん おめでとう ございます)
Setelah mengatakan selamat pada pernikahan, biasanya akan disusul dengan ucapan selamat atas kelahiran bayinya. Frasa ini diucapkan untuk memberikan selamat pada orang yang baru melahirkan / memiliki bayi.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: