Belajar Membaca Huruf Kanji Jepang

Kanji (漢字) merupakan adalah jenis penulisan huruf yang berasal dari Tiongkok (Cina). Tak mengherankan, karena pada zaman dahulu para pedagang Tionghoa secara beramai-ramai masuk ke Jepang. Sehingga dalam perkembangannya, Jepang yang semula tidak memiliki sistem penulisan baku lantas mengadopsi sistem penulisan Tionghoa dengan sedikit adaptasi. Jumlah aksara kanji amatlah banyak, bahkan belum ada orang yang bisa menyebutkan jumlah pastinya hingga saat ini namun dipastikan jumlahnya ribuan. Dari keseluruhan jumlah huruf kanji tersebut, pemakaiannya dibatasi hingga hanya sekitar 1.945 karakter yang masih dipergunakan. Karakter kanji ini kemudian dinamakan “Tooyoo Kanji”.


Cara membaca huruf kanji dibedakan menjadi 2, yaitu “Kunyomi” (訓読み) dan “Onyomi” (音読み). “Kunyomi” (訓読み) adalah cara baca huruf kanji mengikuti kaidah Jepang, sedangkan “Onyomi” (音読み) adalah cara baca huruf kanji menggunakan aturan baca dari Cina. Selain itu ada juga aturan penulisan “Okurigana”, yakni huruf hiragana yang mengikuti kanji.

Berikut ini adalah beberapa contoh huruf Kanji (漢字) yang disertai dengan cara baca “Kunyomi” (訓読み) dan “Onyomi” (音読み), serta contoh pemakaian dan artinya dalam bahasa Indonesia :


Huruf Kanji + Arti
Pengucapan Konyumi
Contoh + arti (Konyumi)
Pengucapan Onyomi
Contoh + arti (Onyomi)
= Orang
hito
Ano - hito (あの人) = Orang Itu
jin, nin
Nihon - jin (日本人) = Orang Jepang
= Gunung
yama
Yama - guchi (山口) = nama orang
san, zan
Fuji - san (富士山) = Gunung Fuji
= Bulan
tsuki, dzuki


Ano - tsuki (あの月)= Bulan Itu
gatsu, getsu


Shi – gatsu (四月)       = Bulan April
 Pohon
ki
Ano – ki (あの月)       = Pohon Itu

moku, boku
Moku - youbi            (木曜日) = Hari Kamis
= Air
mizu
Kono - mizu            (この水) = Air Ini
sui

Sui - dou            (水道) = Kran Air
= Uang, Emas, Logam
kane
O - kane            (お金) =  Uang
kin
kin-youbi            (金曜日) = Hari Jum'at
 
Share on Google Plus

0 tanggapan: