Pulau Honshu (本州), Pulau Terbesar di Jepang

Wilayah daratan Jepang terdiri dari 4 pulau besar, yakni Honshu, Shikoku, Kyushu, dan Hokkaido. Pulau Honshu (本州) yang berarti “pulau utama” merupakan pulau yang terbesar diantara pulau lainnya. Posisi pulau Honshu terletak diantara pulau Hokkaido dan pulau Shikoku, tepatnya di sebelah selatan pulau Hokkaido dan di sebelah utara pulau Shikoku. Selain menjadi pulau terbesar di Jepang, pulau Honshu juga menjadi pulau terbesar ke-7 di dunia dan menjadi pulau terpadat ke-2 didunia setelah pulau Jawa. Pulau Honshu membentang sepanjang 1.300 km dari utara ke selatan dengan lebarnya bervariasi antara 50 hingga 230 kilometer jika dihitung dari timur ke barat. Total luas wilayahnya mencapai 230,5 ribu km². Dengan perhitungan luas ini, Pulau Honshu mengisi 60% dari total luas wilayah Jepang secara keseluruhan.



Relief dataran di Pulau Honshu didominasi oleh pegunungan, terutama gunung berapi dengan puncak tertingginya ada pada Gunung Fuji (setinggi 3.776 meter dpl) dan masih aktif hingga saat ini. Pulau Honshu juga dilalui oleh beberapa sungai, diantaranya ada Sungai Shinano yang merupakan sungai terpanjang di Jepang. Dominasi gunung berapi di Honshu menjadikan pulau ini sangat rentan dengan terjadinya gempa bumi vulkanik. Gempa bumi vulkanik yang tercatat paling parah terjadi adalah pada bulan September tahun 1923 yang telah menyebabkan kerusakan masif di Jepang.

Pulau Honshu memiliki jumlah penduduk sebanyak 103 juta jiwa (berdasarkan perhitungan penduduk pada tahun 2005) yang kebanyakan bermukim di daerah dataran rendah. Seperempat penduduk pulau ini bermukinm di Hamparan Kanto, serta di sekitar Tokyo dan Yokohama. Kota lain yang juga banyak dihuni di Pulau Honshu adalah Hiroshima, Kyoto, Kobe, Nagoya, Osaka, dan Sendai. Pulau Honshu terbagi menjadi 5 daerah yang terdiri dari 34 prefektur. Kelima daerah tersebut adalah Tohoku di bagian utara, Chubu di bagian tengah, Chugoku di bagian selatan, Kanto di bagian timur, dan Kinki di bagian selatan.
Prefektur-prefektur di Pulau Honshu diantaranya adalah,

Daerah
Perfektur
Chubu
Aichi-ken
Fukui-ken
Gifu-ken
Ishikawa-ken
Nagano-ken
Niigata-ken
Toyama-ken
Shizuoka-ken
Yamanashi-ken
Chugoku
Hiroshima-ken
Okayama-ken
Shimane-ken
Tottori-ken
Yamaguchi-ken.
Kanto
Chiba-ken
Gunma-ken
Ibaraki-ken
Kanagawa-ken
Saitama-ken
Tochigi-ken
Tokyo-to
Kinki
Hyogo-ken
Kyoto-fu
Mie-ken
Nara-ken
Osaka-fu
Shiga-ken
Wakayama-ken.
Tohoku
Akita-ken
Aomori-ken
Fukushima-ken
Iwate-ken
Miyagi-ken
Yamagata-ken
Sebagian besar kota-kota besar nan modern di Jepang juga terletak di pulau ini, diantaranya Tokyo, Yokohama, Osaka, Nagoya, Kobe, Kyoto, Akita, Sendai, Fukushima, Niigata, dan Hiroshima. Pusat kebudayaan Jepang modern lebih difokuskan pada ketiga kota, yakni Kyoto, Nara, dan Kamakura (kota asal sejarah pra Samurai Jepang). Hamparan Kanto dan Nob menjadi pemasok beras dan sayuran utama di Jepang, yang selanjutnya diproduksi di Niigata. Sedangkan Yamanashi dan Aomori, adalah daerah penghasil buah-buahan utama di Jepang.
Share on Google Plus

0 tanggapan: