Mengucapkan Kata 'Semangat!' dalam Bahasa Jepang

Bangsa Jepang terkenal akan Produktifitas dan Kinerjanya yang tinggi. Bangsa Jepang juga dikenal memiliki tipikal mental yang pantang menyerah. Orang Jepang memiliki senjata ampuh untuk tetap menjaga semangat mereka yaitu dengan mengatakan “Ganbatte ne” (がんばって ね) atau yang lebih populer “Ganbatte Kudasai” (がんばって ください). Di Jepang, kata ini semacam seruan untuk memotivasi agar orang lain tetap bersemangat dalam menjalani kehidupannya.


Kata “Ganbatte ne” (がんばって ね) atau “Ganbatte Kudasai” (がんばって ください) sendiri sebenarnya Memiliki beberapa arti jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Beberapa arti yang dirasa pas adalah “Bersemangatlah! Atau “Berusahalah!”. Kata “Ganbatte Kudasai” (がんばって ください) juga dapat diungkapkan untuk mensugesti orang lain untuk melakukan hal sesuai instruksi kita, seperti “lakukan sebaik mungkin” atau “jangan menyerah”. Pengucapan “Ganbatte Kudasai” (がんばって ください) bisa juga diucapkan secara singkat menjadi “Ganbatte” (がんばって). Pada intinya tetap saja kata ini diucapkan untuk memberikan semangat dan sugesti positif bagi lawan bicaranya.

Budaya menyemangati antar sesama ini sudah biasa dilakukan oleh setiap orang di Jepang. Keadaan seperti saat mengunjungi orang Sakit, saat banyak tugas menumpuk, atau saat seseorang memiliki masalah, atau bahkan hal-hal kecil seperti saat akan mengikuti ujian sekolah atau berlomba. Tak heran budaya inilah yang kemudian tertanam di benak generasi muda Jepang. Belajar dari Sejarah, Jepang sempat terpuruk akibat Tragedi dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan banyak penduduk dan membawa Jepang pada keterpurukan. Kini, Jepang telah bangkit dan berubah menjadi sebuah Negara pionir di Asia. Jika kita bandingkan dengan keadaan negeri kita sendiri, mungkin kita akan sedikit kecewa.

Kembali lagi ke kata “Ganbatte” (がんばって). Asal usul kata “Ganbatte” (がんばって) atau yang dibaca “Gambatte” ini berasal dari kata “Ganbaru” (頑張る) yang punya arti serupa, tapi kesannya lebih seperti meminta atau memohon pada lawan bicaranya. Kata “Ganbaru” (頑張る) digunakan untuk memberi semangat pada lawan bicaranya. Oleh Karena itu digunakanlah kata yang memunculkan kesan lebih sesuai, yaitu “Ganbatte” (がんばって) agar makna yang tersampaikan lebih pas.
Share on Google Plus

0 tanggapan: