Ragam Ucapan 'Selamat Ulang Tahun' Dalam Bahasa Jepang

Ada beberapa cara untuk mengucapkan "selamat ulang tahun" dalam Bahasa Jepang. Anda dapat mengucapakan "tanjoubi omedetou" (誕生日おめでとう) atau "tanjoubi omedeteou gozaimasu" (誕生日おめでとうございます) yang memiliki makna sama, hanya saja penggunaannya saja yang berbeda. Di Jepang, lawan bicara sangat menentukan aturan bagaimana seharusnya kita berbahasa. Berbicara dengan orang yang lebih tua atau lebih tinggi jabatannya tentu akan sangat berbeda jika dibandingkan ketika berbicara dengan teman sebaya atau orang yang usianya lebih muda.

Mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman atau orang yang sudah akrab dengan kita dapat menggunakan ucapan "tanjoubi omedetou" (誕生日おめでとう). Kata “Tanjoubi” berarti “Ulang tahun”, dan kata “Omedetou” memiliki arti “Selamat”. Ucapan ini diucapkan dalam suasana santai dan tidak resmi kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Orang-orang yang masuk dalam golongan ini adalah teman sebaya, teman sepermainan, teman sekelas, saudara sepupu, dan audara yang lebih muda. Penggunaan ucapan ini harus dihindari kepada orang asing, orang yang lebih tua atau memiliki status yang lebih tinggi dari kita, misalnya seperti kenalan, guru, orang yang usianya lebih tua, dan atasan kerja. Di Jepang, sopan santun sangat penting dan dijunjung tinggi dalam pergaulan.

Ungkapan yang lebih formal adalah "tanjoubi omedetou gozaimasu" (誕生日おめでとうございます). Tambahan kata “gozaimasu” di sini memmiliki arti “sangat banyak” yang ditujukan agar orang yang sedang berulang tahun mendapatkan banyak kebahagiaan. Ucapan ini digunakan pada siapapun yang memiliki status sosial lebih tinggi dari kita, yaitu orang tua, guru, atasan kerja, dan orang asing yang tidak begitu kita kenal. Ucapan ini juga digunaan untuk mengungkapkan rasa tulus yang lebih besar ketimbang hanya mengucapkan "tanjoubi omedetou" saja.

Ketika Anda mengucapkan selamat ulang tahun pada seseorang tapi ternyata sudah terlambat harinya, tambahkan ucapan kata “okurebase” (遅ればせ) hingga menjadi "okurebase tanjoubi omedetou”. Kata ini jika diterjemahkan memiliki arti "terlambat". Untuk sekedar berbasa-basi pada rekan kerja atau orang yang belum dikenal, Anda dapat menanyakan umur mereka pada saat ulang tahun dengan mengucapkan kalimat "Toshi wa ikutsu desu ka?" (年はいくつですか). Cara ini dikenal lebih sopan ketimbang menanyakan usia seseorang di hari-hari lainnya.
Share on Google Plus

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    :)
    Ajari dongg bahasa jepang nya

    BalasHapus