Arti kata 'Aishiteru' dan kata cinta yang lain serta Penggunaannya

Kata “aishiteru” pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kata ini bahkan pernah digunakan sebagai judul lagu dari sebuah band lokal asal Indonesia baberapa tahun lalu. Kata “aishiteru” (愛してる) berasal dari frase “aisuru” (愛する) yang dalam bahasa Jepang memiliki arti “untuk mencinta”. Hanya saja, kata “aishiteru” (愛してる) memiliki makna yang dalam dan digunakan dalam bentuk percakapan yang lebih baku ketimbang “aisuru” (愛する).


Kebanyakan orang Indonesia yang masih awam menggunakan kata ini secara asal-asalan untuk mengungkapkan perasaannya. Padahal, kata ini digunakan sangat hati-hati oleh orang Jepang sendiri. Kepribadian orang Jepang yang pemalu dan sangat jarang mengekspresikan perasaan cintanya menjadikan kata “cinta” sangat jarang diucapkan di Jepang.

Bagi orang Jepang, ada beberapa tingkatan dalam mengungkapkan rasa cinta selain menggunakan kata “aishiteru”. Beberapa pilihan kata lain seperti “Suki da” (好き だ), “Koishiteru” (恋してる), dan kata-kata lainnya dianggap lebih pas untuk menggantikan kata “aishiteru” (愛してる) yang memiliki makna lebih berat.

Berikut beberapa ungkapan kata cinta yang biasa digunakan di Jepang selain “aishiteru” (愛してる),



Aksara Kanji
Romaji
Arti dan penggunaan dalam Bahasa Indonesia
好き
Suki da
Aku cinta kamu – digunakan pada pasangan yang bisanya baru menjalin hubungan.
恋してる
Koishiteru
Aku cinta kamu – digunakan pada pasangan yang sudah cukup lama menjalin hubungan / akan masuk ke jenjang yang lebih serius (bertunangan atau menikah)
好き
suki
suka
大好き
daisuki
sangat suka
好きだよ
suki da yo
Aku suka kamu - diucapkan oleh pria
好きよ
suki yo
Aku suka kamu - diucapkan oleh wanita
好きです
suki desu
Suka (kamu) – mengandung makna yang lebih sopan ketimbang mengucapkan “suki” saja.
大好きです
daisuki desu
Sangat suka – maknanya lebih sopan dengan penambahan “desu”, daripada “daisuki” saja

Kesimpulannya, orang Jepang hanya akan mengucapkan kalimat "Kimi wo ai shiteru" ketika sepasang kekasih akan menjejaki hubungan yang serius atau bagi pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun. Jadi, salah besar, jika baru jatuh cinta pada pandangan pertama dan lantas mengatakan “aishiteru”.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: