Seni dan Kebudayaan Tradisional Jepang

Kebudayaan tradisional Jepang terbentuk dari perpaduan budaya-budaya asing yang masuk ke Jepang, terutama yang berasal dari China. Tak jauh berbeda dengan Indonesia, Jepang juga memiliki keragaman seni dan budaya tradisional yang menjadi ciri khas negeri matahari terbit ini. Sebut saja kesenian mulai dari pakaian tradisional, berbagai upacara, dan beberapa jenis pertunjukan teatrikal tradisional menjadi bagian dari perkembangan sejarah dan budaya Jepang.


Kali ini, kita akan membahas satu persatu dari unsur seni dan kebudayaan tradisional Jepang. Berikut beberapa diantaranya,

Kimono

Baju tradisional Jepang ini sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Dahulu, kimono biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari di Jepang. Namun, pakaian tradisional ini sekarang hanya digunakan pada acara-acara khusus yang bersifat seremonial di Jepang.

Chadō

Chadō atau Sadō adalah sebuah upacara minum teh yang biasa dilakukan di Jepang. Upacara ini biasanya dilakukan untuk menyambut tamu khusus yang datang ke rumah sekaligus menunjukkan kepribadian dari si tuan rumah. Di sela-sela upacara minum teh, tuan rumah biasanya akan membicarakan tentang kepercayaan, cara berpikir, dan tujuan hidup.

Ikebana

Bunga memiliki arti sangat penting dalam kebudayaan Jepang, karena dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan, sang pencipta. Ikebana merupakan salah satu wujud penghormatan terhadap sang pencipta yang dilakukan dengan merangkai bunga dan meletakkannya di altar utama.

Matsuri

Matsuri merupakan sebuah festival budaya rakyat yang umumnya berkaitan dengan festival di kuil, baik kuil Shinto (Jinja) maupun kuil Buddha (Tera). Matsuri biasanya diselenggaran pada musim panas. Dahulu Matsuri selalu dikaitkan dengan ritual sembahyang atau berdoa, namun sekarang kebanyakan orang hanya datang hanya untuk menonton saja.

Kabuki

Kabuki merupakan salah satu jenis seni teater tradisional Jepang yang menggabungkan unsur cerita dengan seni musik dan tari. Dalam penampilannya, para pemeran Kabuki mengenakan kostum berwarna-warni mencolok dengan tampilan yang terkesan mewah. Make-up tebal nan dramatis layaknya pemeran teater juga digunakan untuk menonjolkan sifat dan karakter tokoh.

Origami

Origami merupakan seni melipat kertas tradisional yang hingga kini tetap bertahan dan terus berkembang sebagai seni modern di Jepang. Seni origami juga telah dikenal akrab di berbagai negara di dunia. Meski sudah dikenal secara umum, origami khas Jepang memiliki perbedaan karena menggunakan kertas khusus yang memiliki desain dan warna-warna berbeda sehingga membuat origami tampak semakin indah. Warna-warna cerah nan mencolok membuat kesenian ini sangat digemari oleh orang-orang di seluruh dunia.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: