Ucapan Salam dan Sapaan Formal di Jepang

Seperti pada kebanyakan bahasa di dunia, dalam bahasa Jepang juga terdapat beberapa salam yang diucapkan sesuai dengan perputaran waktu. Kali ini kita akan khusus membahas tentang sapaan dan salam atau 'Aisatsu'「あいさつ」yang sifatnya formal dalam bahasa Jepang. Ucapan salam formal ini biasanya ditujukan pada orang yang kita hormati, orang tua, orang yang lebih tinggi derajat sosialnya, dan atasan atau senior kita. Ucapan salam tersebut diantaranya adalah “Ohayou Gozaimasu” 「おはようござ います」, “Konnichiwa” 「こんにちは」, “Konbanwa” 「こんばんは」, dan “Oyasuminasai” 「お休みなさい」.


Ucapan “Ohayou gozaimasu” secara harfiah memiliki arti "awal hari" yang dalam pengucapannya diartikan sebagai “selamat pagi”. “Ohayou” merupakan peralihan dari kata sifat "hayai" yang berarti awal dan kata “gozaimasu” akhiran kalimat yang menunjukkan bentuk hormat atau formal. Versi pendeknya, yaitu “Ohayou” dirasa kurang sopan karena merupakan bentuk informal. Batas pengucapan salam ini biasanya hanya sampai pukul 11.00 pagi, yang kemudian dilanjutkan dengan “Konnichiwa”.

Kata “Konnichiwa” memiliki arti harfiah "hari ini" atau “siang hari ini”. Kata ini diucapkan untuk mengekspresikan “Selamat siang”. Partikel “wa” dalam kata “Konnichiwa” merupakan idiom yang juga bisa diartikan sebagai “halo” atau “hai” dalam bahasa Indonesia. Kata “Konbanwa” juga tak jauh berbeda dengan “Konnichiwa”, dimana ucapan ini berasal dari kata “Konban” yang memiliki arti harfiah “malam ini”.

Ucapan selanjutnya dan yang paling akhir diucapkan di malam hari “Oyasuminasai” yang jika diartikan secara harfiah terlihat seperti ajakan atau perintah sopan untuk beristirahat pada lawan bicaranya. Ucapan “Oyasuminasai” berasal dari kata “Yasumimasu” yang merupakan bentuk formal dari kata “Yasumu" yang bisa berarti “Beristirat”. Dalam bahasa Inggris, penggunaan kata ini sama dengan ucapan “Good night” yang biasa disampaikan sebelum tidur. Sedangkan fungsi dari kata “nasai” adalah untuk membuatnya formal dari sekedar mengucap “Oyasumi” saja.

Selain keempat pengucapan salam tadi, orang Jepang juga biasa mengucapkan salam-salam lain seperti saat menjelang perpisahan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut,
• “Sayonara” 「さ よ う な ら」 berarti "Selamat tinggal". Kata ini diucapkan ketika dua orang atau lebih akan berpisah dan tidak tahu dengan pasti kapan akan bertemu lagi. Bentuk kata ini tergolong formal dan boleh dikatakan pada orang yang lebih tua atau lebih terhormat.
• “Mata Atode” 「ま た あ と で」 memiliki arti "Sampai ketemu lagi". Ucapan ini tergolong informal, yang artinya hanya boleh diucapkan pada rekan yang sudah akrab dengan kita atau pada orang yang usianya lebih muda dari kita. Kata "Atode" 「あ と で」sendiri bisa diganti sesuai dengan kapan kira-kira akan bertemu lagi misalnya dengan menggunakan kata "Ashita" 「あした」bila akan bertemu lagi besok menjadi "Mata Ashita"「またあした」atau "Raishuu" bila akan bertemu lagi minggu depan menjadi「また来週」.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: