Ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam dalam Bahasa Jepang

Saling menyapa dan mengucapkan salam adalah hal yang dinilai sangat penting di Jepang. Orang Jepang biasa memulai pembicaraan dengan orang asing sembari mengucap salam. Seseorang yang berbicara tanpa mengucap salam terlebih dahulu dianggap kurang sopan, dan biasanya lawan bicara akan malas menanggapinya. Pengucapan frase salam di Jepang sangat erat kaitannya dengan waktu pengucapan, tak jauh berbeda dengan aturan pengucapan salam seperti “Selamat pagi”, “Selamat siang”, dan “Selamat malam”.



Di pagi hari, Anda bisa memberi salam pada orang yang Anda temui dengan mengucapkan “Ohayou gozaimasu” 「おはようございます」 atau “Ohayou” saja. Salam ini memiliki arti “selamat pagi”. Salam ini bisanya diucapkan sejak seseorang bangun tidur di pagi hari hingga memasuki siang hari di jam 11 siang. Memasuki pertengahan hari, Anda boleh mulai menggunakan salam “Konnichiwa!” 「こんにちは」. 「こんにちは」 diartikan sebagai “Selamat siang” sekaligus “Selamat sore” dalam bahasa Indonesia. Frase “Konnichiwa!” 「こんにちは」juga memiliki arti “Siang yang cerah”. Batas penggunaan salam “Konnichiwa” adalah mulai dari siang hari hingga menjelang petang, namun Anda juga bisa menggunakan di sela waktu lainnya yang penggunaannya akan kita bahas di bagian akhir.

Memasuki saat petang dimana matahari telah tenggelam, orang Jepang biasanya mengucapkan "Konbanwa!" 「こんばんは」 yang artinya “Selamat malam”. Selamat malam disini penggunaannya lebih seperti “Good evening” dalam bahasa Inggris. Penggunaannya adalah mulai saat petang hari hingga jelang sebelum tidur. Saat menjelang akan tidur, orang Jepang biasanya mengucapkan kata “Oyasuminasai” 「おやすみなさ い」. Frase ini biasanya menjadi penutup dari pembicaraan ketika seseorang yang akan pergi tidur, sama persis penggunaanya dengan ucapan “Good Night” dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, frase ini kurang lebih memiliki arti “Selamat malam”, “selamat tidur”, atau “selamat beristirahat”.

Dari ketiga frase tersebut, frase “Konnichiwa!” 「こんにちは」 ternyata bisa digunakan bukan hanya di siang hari. Frase “Konnichiwa!”「こんにちは」juga dapat diartikan sebagai “Halo” atau “Hai”. Itulah mengapa, frase “Konnichiwa!” 「こんにちは」 bisa diucapkan bahkan pada pagi atau malam hari. Frase ini bisa Anda gunakan jika Anda bertemu dengan orang lain dan lupa harus mengucapkan apa. “Konnichiwa” juga dapat Anda ucapkan pada siapa saja tanpa memandang usia atau status sosial si lawan bicara.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: