10 Universitas Terbaik di Jepang

Jepang menempati urutan ke-4 sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia dan Asia setelah Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, dan Jepang. Jepang merupakan negara yang memiliki populasi masyarakat paling berpendidikan di dunia. Kelas buta huruf di Jepang memenuhi kuota 100% dengan 96% penduduknya meneruskan pendidikan hingga koukou (SMA). Julah lulusan SMA yang meneruskan pendidikan ke universitas mencapai 46%.


Bicara tentang universitas, Jepang memiliki puluhan universitas unggulan, baik secara predikat nasional Jepang maupun Internasional. Kali ini akan kami informasikan 10 universitas terbaik di Jepang menurut reputasi internasional,

University of Tokyo (Universitas Tokyo)

Universitas ini memnduduki peringkat tertinggi di Asia dan menempati urutan ke-21 sebagai universitas terbaik di dunia. Saat ini, universitas Tokyo membuka kelas untuk 30.000 mahasiswa yang 6,5% diantaranya diperuntukkan bagi mahasiswa asing.

Kyoto University

Universitas Kyoto merupakan universitas tertua ke-2 di Jepang. Universitas Kyoto telah menyabet 6 penghargaan Nobel sejak kali pertama didirikan. Berdiri di sebuah kota kuno dengan ribuan kuil, Universitas Kyoto mempromosikan diri dengan pembawa "semangat kebebasan".

Universitas Osaka

Universitas Osaka menempati peringkat ke-43 sebagai universitas terbaik di dunia. Beberapa jurusan yang menjadi andalan di universitas ini adalah hukum, teknologi, sains, dan farmasi.

Universitas Keio

Keio University merupakan yang tertua di Jepang (berdiri pada tahun 1858). Universitas ini banyak melahirkan politisi-politisi handal di Jepang, termasuk 3 orang perdana menteri Jepang. Di Jepang sendiri, Universitas ini sangat dikenal. Sayangnya, universitas ini hanya menempati peringkat ke-320 sebagai universitas terbaik di dunia (Times Higher Education World University Rankings 2012-2013).

Tokyo Institute of Technology

Tokyo Institute of Technology merupakan universitas terbaik ke-37 di Dunia dalam bidang Rekayasa dan Teknologi (2009).

Universitas Hokkaido

Universitas Hokkaiido merupakan sebuah universitas kecil yang terletak di pusat kota Sapporo. Universitas ini menempati peringkat ke-139 dalam survei oleh QS World University Rankings.

Universitas Tohoku

Universitas Tohoku masuk dalam jajaran 50 universitas paling top di Dunia. Universitas ini terkenal dengan 3 prinsipnya, yakni mengutamakan riset, kebijakan terbuka, dan berorientasi pada praktik penelitian & pendidikan.

Nagoya University

Nagoya University berdiri dengan mempromosikan sistem pendidikan yang menghormati pemikiran intelejensi independen. Universitas Nagoya telah meraih sebanyak 4 Hadiah Nobel, selain itu Universitas ini juga aktif dalam melakukan pemeliharaan lingkungan internasional. Sebayak 13% dari total mahasiswa di Universitas Nagoya merupakan mahasiswa asing.

Universitas Tsukuba

Tsukuba University juga merupakan universitas tertua di Jepang (berdiri tahun 1872). Universitas terbesar di jepang ini menempati peringkat ke-172 di dunia (QS World University Rankings), dan telah meraih 3 penghargaan Nobel.

Universitas Kobe

Kobe University terhitung sebagai universitas yang masih muda, yakni baru didirikan pada tahun 1949 paska perang dunia ke-2. Meski begiru, reputasi Universitas Kobe di jepang telah diakui, baik secara nasional maupun internasional.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: