Panggilan untuk Pacar dalam Bahasa Jepang


Panggilan mesra untuk orang terkasih selalu ada dalam setiap negara dan bahasa. Di Jepang, warganya punya cara tersendiri untuk memberi panggilan sayang bagi pasangan, baik untuk pacar ataupun pasangan suami-istri. Mereka punya 4 cara untuk memanggil pacarnya, yakni hanya dengan memanggil namanya, memanggil nama yang ditambahkan dengan partikel ‘kun’ (untuk laki-laki) atau ‘chan’ (untuk perempuan), nama yang ditambahi partikel ‘san’, serta nama panggilan khusus.

Menurut data yang dikumpulkan oleh iShare dan diterjemahkan oleh WhatJapanThinks, terdapat perbedaan antara wanita dan pria di Jepang dalam hal panggilan sayangnya pada pacar mereka masing-masing. Para pria mengaku lebih suka memanggil pacarnya dengan nama asli mereka tanpa embel-embel ‘chan’. Sedangkan para wanita di Jepang mengaku lebih suka memanggil pacar mereka dengan nama asli yang ditambah ‘chan’ atau ‘kun’ di belakangnya. Sisanya mengaku lebih suka memanggil dengan nama julukan, nama keluarga, atau yang ditambahkan kata ‘san’ di belakangnya.


Berikut hasil dari survey yang dilakukan oleh iShare,
Panggilan yang ditujukan untuk Pasangan (Pacar) Responden Pria Responden Wanita



Panggilan yang ditujukan untuk Pasangan (Pacar)
Responden Pria
Responden Wanita
Namanya saja
36,0%
21,1%
Nama yang diberi tambahan ‘chan’ atau ‘kun’
24,8%
30,4%
Nama Julukan
21,2%
23,0%
Nama yang ditambah ‘san’
7,7%
9,3%
Nama keluarga ditambah ‘san’
2,7%
5,6%
Tidak memanggil dengan nama
3,2%
4,3%
Hanya nama Keluarga
1,8%
3,1%
‘Anata’, ‘kimi’, atau ‘omae’ (‘kamu’ atau ‘Anda’)
0,5%
2,5%
Lainnya
2,3%
0,6%
 
Hal ini menunjukkan bahwa para wanita berlaku seperti sewajarnya wanita. Mereka bersikap lebih hormat sekaligus manja pada pasangannya dengan menambahkan kata ‘kun’ atau ‘chan’ pada nama pasangan mereka. Sedangkan para pria cenderung bersikap lebih formal dengan kebanyakan memanggil nama saja pada kekasih wanitanya.

Data ini juga menunjukkan bahwa kebudayaan barat sudah mulai masuk ke Jepang. Terbukti dengan banyaknya pasangan yang memilih untuk memanggil kekasihnya dengan nama aslinya ketimbang menggunakan nama keluarganya. Selain itu banyak juga yang menggunakan nama julukan sebagai panggilan mesra untuk pacarnya. Salah satu contoh nama julukan yang digunakan oleh pria untuk memanggil pacar wanitanya adalah ‘Tamago koto no kao’ yang jika di artikan dalam bahasa Indonesia menjadi ‘Wajah yang mirip telur’. Panggilan ini awalnya terinspirasi dari selera pria jepang yang rata-rata menyukai wanita dengan wajah oval mirip seperti telur.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: