Ucapan ‘Selamat’ dan ‘Semoga Sukses’ dalam Bahasa Jepang

Masyarakat Jepang terkenal ramah dan sopan dalam bertutur kata. Tak berbeda jauh dengan kebudayaan di negara-negara lain,orang Jepang tak pernah lupa mengucapkan kata ‘Selamat’ di hampir setiap kesempatan. Saat ada rekan atau saudara yang sedang berulang tahun, lulus dari sekolah, atau baru masuk sekolah, mendapat pekerjaan, menikah, dan masih banyak lagi contoh situasinya. 

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara orang Jepang menyebutkan kata ucapan ‘Selamat’ dan ’Semoga sukses’ dalam bahasa mereka. Secara sederhana, orang Jepang mengucapkan kata ‘omedetou’ 「う」 untuk memberikan ucapan selamat pada orang lain. Dalam situasi yang lebih formal, kata ini ditambahi akhiran ‘Gozaimasu’ hingga menjadi ‘Omedetou gozaimasu’ 「す」 yang memiliki arti sama namun dengan kesan yang lebih halus dan sopan. 

Sedangkan untuk mengucapkan frasa ‘Semoga sukses!’ dalam bahasa Jepang, mereka biasanya menggunakan frasa ‘o shigoto ganbattene’ 「お仕事がんばってね」 yang berarti ‘semoga sukses dengan pekerjaan Anda’. Frasa ini dapat digunakan dalam situasi apa saja ketika si lawan bicara hendak menghadapi ujian, pekerjaan, atau hal lainnya. Ketika si lawan bicara sudah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, Anda dapat kembali memberinya selamat dengan mengucapkan ‘Seikou wo omedetou gozaimasu’「成功す」yang memiliki arti ‘Selamat atas keberhasilan Anda!’.

Untuk hal-hal yang lebih spesifik, orang Jepang juga memiliki cara sendiri untuk mengucapkan selamat pada orang-orang terdekatnya. Berikut ini beberapa contoh ucapan selamat yang telah disesuaikan dengan berbagai situasi yang biasa terjadi,


·        ULANG TAHUN 
Kata 'Ulang tahun' dalam bahasa Jepang disebut ‘tanjōbi’「誕生日」. Ketika teman, saudara, atau orang lain yang Anda kenal akrab sedang berulang tahun, cukup ucapkan ‘tanjōbi omedeto’ 「誕生う」 yang memiliki arti ‘Selamat ulang tahun!’. Versi lebih sopannya adalah dengan memberi ucapan ‘Otanjōbi omedeto gozaimasu’ 「誕生す」.
·        UPACARA MASUK BAGI SISWA ATAU MAHASISWA BARU 
Upacara ini disebut ‘nyūgakushiki’ 「入学 」. Ketika seseorang yang Anda kenal baru memasuki sekolah atau universitas, Anda dapat mengatakan ‘Nyūgaku omedeto’ 「入学う」 yang artinya ‘Selamat memasuki sekolah!”. Jika orang yang akan Anda beri selamat usianya lebih tua atau lebih senior dari Anda, Anda bisa mengatakannya dengan lebih sopan. Ucapkan ‘Nyūgaku omedeto gozaimasu’「入学す」sebagai gantinya.
·        KELULUSAN 
Kelulusan dalam bahasa Jepang adalah ‘sotsugyō’ 「卒業. Di saat seperti ini, Anda bisa mengucapkan ‘sotsugyō omedeto’ 「卒業う」 pada rekan Anda. Frasa ini jika dalam Indonesia adalah ‘Selamat atas kelulusannya!’. Cara yang lebih formal untuk mengatakannya adalah lagi-lagi dengan menambahkan kata ‘omedetou’ hingga menjadi ‘sotsugyō omedeto gozaimasu’ 「卒業 す」.

*fnsyc
Share on Google Plus

0 tanggapan: