10 Kebiasaan di Jepang yang Wajib Diketahui Wisatawan Asing

Memiliki teknologi yang canggih namun masih tetap mempertahankan kebudayaan lokal merupakan perpaduan yang membuat Jepang banyak dikunjungi wisatawan. Namun ternyata, ada beberapa kebiasaan atau gaya hidup di negara tersebut yang harus diketahui jika wisatawan ingin diterima dengan baik, berikut beberapa di antaranya.

  • Jangan sekali-sekali memberikan uang tip, terutama kepada pelayan restoran. Jika Anda melakukan itu, mungkin Anda akan mendapatkan uang kembalian.
  • Jangan mencoba untuk membuka atau menutup taksi, karena pintu taksi di sini sudah otomatis. Jika Anda mencoba menutup pintu taksi, terlebih dengan sedikit membanting, sopir taksi akan berpikir Anda mengajaknya untuk berkelahi.
  • Sebelum memasuki rumah, lepas alas kaki Anda (sepatu atau sendal). Kebiasaan ini mungkin mirip dengan kebiasaan di Indonesia, terutama di Jawa.
  • Bersiaplah untuk melihat banyak orang mabuk di larut malam, terutama pada saat Natal dan malam pergantian tahun. Minum (sake atau minuman beralkohol lainnya) merupakan bagian rutin dari kehidupan di Jepang.
  • Masih berkaitan dengan orang mabuk, di Jepang lazim dijumpai orang mabuk dengan berguling di fasilitas umum, bergumam sesuatu yang tidak jelas, bahkan muntah. Jadi, jangan kaget ketika menjumpai orang mabuk dan berguling saat menumpang kereta.
  • Jangan mengharapkan orang membukakan pintu untuk Anda ketika memasuki pusat perbelanjaan. Jangan juga berharap seseorang akan menawarkan kursi untuk seorang wanita tua atau perempuan hamil di kereta.
  • Di Jepang memang jarang dijumpai orang mengendarai motor. Warga lokal lebih senang menggunakan sepeda untuk transportasi sehari-hari. Namun, berharap bahwa pengendara sepeda akan lebih berhati-hati adalah kekeliruan. Pengendara sepeda di Jepang, terutama perempuan, tidak akan berhenti bagi siapa pun, baik pejalan kaki atau kendaraan lain. Mereka hanya punya satu kecepatan dan sering membonceng anak-anak di bagian belakang atau malahan sambil bermain ponsel.
  • Sebagai salah satu wilayah yang sangat maju, Jepang merupakan negara paling berisik di dunia. Orang Jepang biasa memainkan lagu sepanjang waktu atau membunyikan speaker mobil sekencang-kencangnya.
  • Jepang dikenal memiliki banyak gadis bertampang imut. Jika Anda seorang perempuan dari negara asing, maka bersiap-siaplah untuk tidak mendapat perhatian. Sebaliknya, jika Anda adalah seorang pria, maka teguhkan iman Anda.
  • Jika Anda terbiasa makan di tempat umum, maka ketika berkunjung ke Jepang, hentikan kebiasaan itu. Pasalnya, orang Jepang jarang melakukannya. Mereka akan menjaga makanan tetap berada di dalam kantong sebelum sampai di tempat tujuan. Namun, ketika Anda terpaksa makan di tempat umum, di kereta misalnya, usahakan jangan melakukan kontak mata dengan penumpang lain saat makan. Selain itu, makan dengan berdiri di sudut pintu kereta atau sambil membaca buku atau telepon lebih disukai.
Share on Google Plus

0 tanggapan: