Panggilan untuk ‘Ibu’ dalam Bahasa Jepang

Ada berapa banyak panggilan untuk Ibu dalam bahasa Indonesia? wah, rasanya cukup banyak juga. Ibu, Bunda, Mama, Mami, adalah sederet panggilan untuk kaum Ibu dalam bahasa Indonesia. Jika ditambah dengan panggilan ibu dalam berbagai bahasa daerah pasti tak terhitung jumlahnya.
Lalu, bagaimana dengan panggilan ‘Ibu’ dalam Bahasa Jepang? jawabannya adalah cukup banyak juga. Masyarakat Jepang biasa menyebut ‘Ibu’ dengan panggilan  お 母 さ ん (okaasan). Kata ini mengacu pada panggilan ibu dalam bahasa tradisional Jepang dan digunakan untuk suasana formal. Jika tidak ingin dianggap tak sopan, Anda harus menggunakan kata お 母 さ ん (okaasan) untuk memanggil ibu orang lain, semisal ibu dari teman Anda.
Contoh dalam kalimat :
きみ の おかあさん わ きびしい です か?
(Kimi no okaasan wa kibishii desu ka?)
“Apakah Ibumu seorang yang tegas?”
Untuk Ibu Anda sendiri, boleh menggunakan panggilan 母 (haha). Kedengarannya seperti orang yang sedang tertawa. Namun, kata ini jangan digunakan untuk bahan candaan di Jepang. Panggilan untuk Ibu yang satu ini ini singkat dan menunjukkan keakraban antara anak dan ibu. Kata母 (haha) juga berasal dari bahasa tradisonal dan biasa digunakan untuk suasana yang lebih akrab dan santai.
Contoh dalam kalimat :
母, げんき です か?
(Haha, genki desu ka?)
"Ibu, baik-baik saja kan?"
Selain kedua panggilan tadi, orang Jepang biasa memanggil ibunya dengan beberapa sebutan, diantaranya か あ さ ん (kaasan), か あ ち ゃ ん (kaachan), atau お か あ (oka). Seakan tertular budaya barat, anak-anak muda di Jepang juga banyak yang memanggil ibunya dengan sebutan マ マ (mama). Sedangkan untuk memanggil ibu-ibu atau wanita yang usianya jauh di atasnya, mereka bisanya menggunakan panggilan ば ば あ (babaa).

Tips untuk Anda yang sedang bersiap tinggal di Jepang bersama keluarga lokal, sebaiknya jangan terburu menggunakan panggilan お 母 さ ん (okaasan) karena terdengar berjarak dan kurang akrab. Lebih baik, tanyakan terlebih dahulu sebutan apakah yang diinginkan oleh Ibu baru Anda di rumah tersebut, karena hal ini akan menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui dan untuk menghindari kejadian tidak menyenangkan selama Anda berada di Jepang.
Share on Google Plus

0 tanggapan: