Panduan Belajar Bahasa Jepang untuk Tujuan Berlibur

Jepang, ini adalah salah satu negara di kawasan Asia yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, termasuk dari Indonesia. Pasalnya, negara dengan julukan Negeri Sakura tersebut dikenal memiliki banyak objek wisata menarik, selain punya kebudayaan yang terjaga kelestariannya, dan menjadi salah satu pusat bisnis di dunia.

Meski demikian, sebelum Anda merencanakan melakukan perjalanan ke Jepang, terutama untuk tujuan berlibur, sebaiknya Anda harus menggali terlebih dulu tentang negara ini, termasuk kebudayaan dan kebiasaan masyarakatnya. Pasalnya, ada banyak tempat di Jepang ketika bahasa Inggris tidak akan membantu. Karena itu, mengetahui lebih banyak bahasa, terutama bahasa Jepang, akan membuat Anda lebih nyaman.
Beberapa orang berpendapat, belajar bahasa Jepang sangatlah sulit. Anda memerlukan sebuah dedikasi yang tinggi untuk bisa memahami bahasa ini, terutama jika ingin lancar berbicara. Ada tiga huruf, yang bahkan pelajar Jepang setidaknya harus mempelajari dari awal jika ingin benar. Ada struktur berbasis suku kata yang kaku, ada sintaksis atau tata bahasa, termasuk urutan kata, yang “tidak biasa”, dan ada perbedaan signifikan antara “classroom Jepang” dengan “daily Jepang”.
Meski demikian, belajar bahasa Jepang merupakan pengalaman yang luar biasa ketika menavigasi negara tersebut. Namun, hal tersebut memang membutuhkan dedikasi dan juga waktu. Hanya duduk dengan kamus dan buku lalu belajar secara mandiri selama beberapa minggu tidak cukup untuk membawa Anda ke “level Jepang” dan bisa lancar berkomunikasi dengan masyarakat setempat.
Namun, jika Anda memang tidak memiliki banyak waktu untuk belajar bahasa Jepang, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan jika hendak mengunjungi negara tersebut dalam waktu yang singkat. Tetap belajar dan berpegang teguh pada buku panduan merupakan langkah sederhana. Kemudian, jika Anda punya sedikit waktu tambahan, alangkah baiknya untuk belajar membaca Katakana.
Di Jepang, Katakana digunakan untuk menulis kata-kata Jepang dalam bahasa asing (biasanya bahasa Inggris). Mampu membaca kata-kata ini secara signifikan akan meningkatkan pemahaman Anda mengenai tanda-tanda, menu makanan, mesin penjual otomatis, dan sebagainya.
Sekali lagi, langkah tersebut hanya diasumsikan bahwa Anda berniat pergi ke Jepang hanya untuk berlibur dalam waktu singkat. Namun, jika Anda berencana tinggal di negara itu selama beberapa bulan atau tahun, maka diperlukan pendekatan yang berbeda untuk belajar bahasa Jepang.
Share on Google Plus

0 tanggapan: