Mungkinkah Belajar Bahasa Jepang Melalui Anime?

Anime merupakan kartun asal Jepang yang sangat digemari masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. Dan, ternyata, rutin menonton anime juga dapat dijadikan cara bagi mereka yang ingin belajar bahasa Jepang. Ada banyak hal tentang bahasa Jepang yang bisa Anda pelajari melalui tontonan anime, di antaranya:

  • Anda akan mendapatkan “speech melody” dan pengucapan suku kata Jepang. Setelah Anda mulai berbicara, Anda secara naluriah akan tahu bagaimana mengucapkan kata-kata dan bagaimana bahasa Jepang yang baik harus terdengar. Anime melakukan hal ini jauh lebih baik daripada kursus yang bisa mengajarkan Anda.
  • Anda akan memperoleh banyak nomina dan frasa. Mempelajari frasa sangat mudah melalui anime, dan Anda bahkan akan selalu mendapatkan situational example ketika menggunakannya. Hal serupa juga berlaku untuk kata benda. Mereka sepenuhnya statis, dan dengan demikian cukup mudah dikenali dan menggunakannya kembali.
  • Anime akan memberikan latar belakang emosional yang memfasilitasi proses belajar Anda. Setiap entri akan mengingatkan Anda tentang adegan, karakter, atau seri yang Anda suka. Memang, ini tidak akan bekerja untuk semua kata-kata, tetapi cukup banyak dari mereka. Pada saat yang sama, anime memastikan bahwa Anda menjaga sikap positif terhadap bahasa itu sendiri.
  • Anda akan memperoleh banyak konteks budaya. Dilihat dari sudut pandang Barat, Jepang “aneh”. Ini bukan dalam arti “aneh dan gila”, tetapi hanya fakta bahwa banyak laku budaya dan sosial tertentu di Jepang yang memerlukan penjelasan jika Anda tidak pernah melihat mereka sebelumnya. Anime akan melayani hal-hal ini untuk Anda setiap hari di layar kaca, yang terkadang ditandai dengan humor berlebihan.
Meski demikian, perlu diingat bahwa anime juga tidak menyajikan beberapa hal, seperti:
  • Informasi gramatikal. Tata bahasa Jepang sekarang memang mungkin jauh lebih mudah (misalnya dibandingkan bahasa Jerman), tetapi tetap saja berbeda dari tata bahasa Barat. Tidak ada kesempatan bagi Anda untuk memahami struktur tata bahasa hanya dari mendengarkan anime.
  • Anime tidak memberikan kosakata kata kerja yang cukup. Ini bukan karena anime kurang menggunakan verba, tetapi karena verba Jepang terkenal sulit untuk dianalisis dalam bentuk audio tanpa memiliki pemahaman yang kuat tentang tata bahasa pertama. Ini terus berlanjut bahkan untuk beberapa waktu setelah Anda telah mendapatkan pemahaman dasar tentang bahasa Jepang.
  • Anime tidak memberikan Anda berbagai bahasa yang sopan yang mungkin bisa Anda pelajari dalam kursus. Meski orang-orang pasti akan memahami Anda, tapi Anda mungkin akan terdengar lebih kasar dari yang niat Anda.
  • Anime tidak (selalu) menyediakan Anda cara berbicara yang sepenuhnya sesuai untuk usia dan jenis kelamin. Cast anime sebagian besar adalah perempuan. Akibatnya, bahasa Jepang yang Anda ucapkan secara tidak sengaja diwarnai dengan beberapa frasa dan laku perempuan.
Lalu, bagaimana caranya belajar bahasa Jepang yang efektif melalui tontonan anime? Pertama, tonton anime yang dilengkapi subtitle selama beberapa tahun. Selama waktu itu, Anda dapat membaca Hiragana dan Katakana. Meski kegiatan ini membosankan, tetapi akan berguna di tempat-tempat yang tak terhitung jumlahnya nanti.
Setelah itu, bergabung dengan kelas kursus Jepang. Dengan Hiragana atau Katakana di bawah “ikat pinggang” Anda, Anda akan berada beberapa mil di depan kelas Anda. Kemudian, tetap menonton anime dari genre yang paling Anda sukai. Terakhir, jika ada biaya dan waktu luang, lakukan perjalanan ke Jepang karena ini akan menambah pengalaman berbahasa Anda menjadi lebih tinggi.
Share on Google Plus

0 tanggapan: